Jumat, 02 Desember 2016

Tidur Siang Sangat Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Meski terkesan sepele, namun nyatanya tidur siang memiliki begitu banyak manfaat bagi anak-anak. Sama seperti orang dewasa, tidur merupakan aktivitas yang harus dipenuhi setiap hari. Hal ini tidak hanya berpengaruh bagi kesegaran tubuh melainkan juga untuk menjaga kesehatan.

Tidur siang sangat baik untuk tumbuh kembang anak -, Tidur di siang hari ternyata juga memiliki peran yang cukup penting. Terutama bagi anak-anak yang masih gemar bermain, maka tidur siang tidaklah menjadi aktivitas yang menarik mengingat mereka lebih suka bermain bersama teman. Dalam hal ini, orang tua harus pandai membujuk sang anak supaya mau meninggalkan mainannya barang sejenak.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical School Harvard University menyatakan bahwa anak yang  tidur siang secara rutin memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih optimal jika dibandingkan dengan mereka yang melewatkan tidur siang.

Tidur Siang Bagi Anak Di Nilai Penting Menurut Beberapa Penelitian


Menurut Kim West, MD., sleep coach dari Annapolis, Maryland, sekaligus penulis buku The Sleep Lady Good Night, Sleep Tight: Gentle Proven Solutions to Help Your Child Sleep Well and Wake Up Happy, saat tidur, anak akan merekam kembali di otak semua hal yang sudah dipelajari sebelumnya. Tentu saja hal ini akan memudahkannya mengakses kembali ingatan tersebut saat terbangun nanti.

Menurut West, tumbuh kembang anak akan lebih maksimal lagi bila ia terbiasa tidur siang dan tidur nyenyak sepanjang malam. Karena di saat tidur, tubuh anak akan memproduksi hormon pertumbuhan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya (artinya: anak yang cukup istirahat akan lebih jarang sakit!). Kurangnya waktu tidur pada anak juga sering kali dihubungkan dengan masalah kesehatan. Sebuah studi yang dilansir oleh Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine menyebutkan bahwa anak di bawah usia 5 tahun yang tidak bisa tidur malam dengan nyenyak (sekitar 10 – 12 jam), memiliki risiko tinggi terkena obesitas, yang dapat membawanya ke masalah kesehatan lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung.

Hasil serupa juga didapat dari penelitian yang dilakukan oleh Elsie Taveras, Ph.D., dari Harvard yang menyatakan bahwa bayi yang tidur kurang dari 12 jam sehari memiliki risiko dua kali lebih besar untuk mengalami kelebihan berat badan. Selain itu, Anda pasti juga menyadari kalau anak menjadi lebih sulit diatur dan lebih rewel ketika ia kurang tidur. Itu sebabnya, menurut Robert Beckerman, M.D., dokter spesialis gangguan tidur dari Children’s Mercy Hospitals and Clinics, Kansas City, Missouri, anak-anak, terutama yang memiliki gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau gangguan hiperaktif, harus mendapatkan tidur siang yang berkualitas. Tidur yang berkualitas akan memengaruhi kemampuan anak untuk berkonsentrasi, mengerti, bahkan melakukan hal yang mudah sekalipun.

Ada banyak sekali manfaat tidur siang bagi anak yang harus orang tua perhatikan untuk menunjang tumbuh kembang anak seperti:
http://obatherbalmeningkatkankualitastidur.blogspot.com/2016/12/tidur-siang-sangat-baik-untuk-tumbuh.html

1. Membuat Tubuhnya Lebih Sehat

Tidur siang akan membuat tubuh anak-anak menjadi lebih sehat dan segar. Anak-anak yang selalu mendapatkan asupan makanan sehat setiap hari dan waktu tidurnya juga terpenuhi  tentunya akan membuat sistem kekebalan tubuh mereka menjadi lebih baik dan membuat mereka menjadi jarang sakit. Selain itu, tidur siang juga bisa membuat energi mereka cepat pulih setelah capek beraktivitas dan bermain seharian.

2. Merangsang Pertumbuhan

Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, menurut penelitian mengatakan bahwa anak yang rutin tidur siang setiap hari akan memiliki pertumbuhan tubuh yang optimal. Hal ini disebabkan karena hormon pertumbuhan akan bekerja lebih aktif pada siang hari disaat anak sedang tidur siang. So, maka dari itu apabila Anda ingin sang anak tumbuh kembangnya menjadi optimal maka mulai saat ini cobalah untuk meminta anak Anda berhenti bermain disiang hari dan menyuruhnya tidur siang.

3. Membuat Suasana Hati Anak Lebih Bahagia

Anak-anak yang rutin tidur siang dipercaya lebih bahagian dibandingkan anak yang tidak pernah tidur siang. Anak-anak yang jarang tidur siang akan lebih gampang menjadi stres dan rewel ketika dimalam hari. Nah, maka dari itu apabila Anda ingin sang anak lebih bahagia dan tidak rewel dimalam hari maka pastikan jika mereka rutin tidur siang setiap hari.

4. Membuat Otak Anak Lebih Cerdas

Para peneliti mengatakan bahwa anak-anak yang rutin tidur siang akan mempunyai kemampuan lebih tinggi dibandingkan anak yang jarang tidur siang. Mereka biasanya lebih cepat didalam memproses suatu informasi dan mengaplikasikan nya. Hal ini disebabkan karena anak-anak yang rutin tidur siang kondisi tubuhnya lebih prima sehingga mereka lebih optimal didalam menerima, memproses, dan mengaplikasikan informasi yang diterimanya sehari-hari.

5. Mengembalikan Energi

Anak-anak terutama balita biasanya apabila baru bisa belajar berjalan maka mereka akan selalu aktif terus dan selalu bergerak setiap hari. Nah, hal ini tentunya akan membuat tenaga mereka terkuras sehingga untuk itu mereka membutuhkan waktu untuk tidur siang agar energi dan tenaga mereka segera kembali. Apabila si anak ataupun balita tidak tidur siang maka bisa dipastikan bahwa mereka akan rewel dimalam hari. 


Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs http://obatherbalmeningkatkankualitastidur.blogspot.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Link diatas sekedar memberitakan seputar produk herbal yang berkualitas dan berbagai macam kutipan kesehatan, jadi simpan baik-baik link tersebut jika suatu saat anda membutuhkan baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Tidur Siang Sangat Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

1 komentar:

gardinsaam mengatakan...

Casino in MD: How to get to Borgata by Bus - Dr.D.C.
The nearest 여수 출장샵 airport is 포천 출장안마 Horseshoe Tunica International kadangpintar Airport. 충청북도 출장샵 You can use a shuttle to Atlantic City airport from 충주 출장안마 the airport directly by car.

Posting Komentar